Ekbis

Hubungkan Maroko dengan 77 Negara, Pelabuhan Med II Diresmikan

KOMENTAR
post image

RAJA Muhammad VI mengutus putra mahkota Pangeran Moulay El Hassan dalam peresmian Pelabuhan Tangier Med II di Provinsi Fahs Anjra, Wilayah Tangier-Tetouan-Al Hoceima.

Proyek ini memungkinkan Tangier Med II menjadi pelabuhan terkemuka di kawasan Mediterania.

Pelabuhan baru yang mencakup dua terminal peti kemas baru dengan kapasitas tambahan 6 juta TEUs akan semakin memperkuat posisi kompleks pelabuhan Tangier Med sebagai pusat dan rujukan di Afrika dan dunia untuk arusan logistik dan perdagangan internasional. Kapasitas total pelabuhan ini lebih dari 9 juta kontainer.

Pelabuhan ini juga mengkonsolidasikan pengaruh Maroko di wilayah Euro-Mediterania dan Arab, serta meningkatkan perannya sebagai pusat perdagangan antara Eropa dan Afrika, Mediterania dan Atlantik.

Pada saat yang sama, proyek ini juga memperkuat peran sentralsebagai mitra aktif dalam perdagangan internasional dan negara yang terintegrasi dengan baik ke dalam ekonomi global.

Upacara peluncuran operasional Pelabuhan Tangier Med II dimulai dengan pemutaran film yang menyoroti berbagai tahap pembangunan kompleks Tangier Med, serta dukungan konstan Raja Muhammad VI untuk proyek ini.

Setelah itu, Presiden Badan Khusus Tangier-Mediterania, Fouad Brini, menyampaikan pidato yang antara lain menekankan relevansi visi Yang Mulia Raja untuk proyek strategis ini dan pilihan lokasi yang tepat yakni di Selat, di persimpangan rute maritim.

Tangier Med telah berhasil menghubungkan Maroko dengan 77 negara dan 186 pelabuhan, sehingga membantu membangun Kerajaan di kancah maritim internasional dan meningkatkan posisi Maroko dalam daftar UNCTAD dari posisi ke-83 menjadi posisi 17.

Proyek penataan ini juga mencakup beberapa bidang bisnis yang telah melihat pendirian lebih dari 912 perusahaan di sektor industri, logistik, dan layanan, dan telah menciptakan lebih dari 75.000 pekerjaan langsung.

Brini juga mempresentasikan pencapaian Tangier Med dan prospek pengembangannya pada tahun 2025. Dalam konteks ini, ia menyoroti program investasi baru yang ambisius sebesar 9 miliar dirham yang bertujuan untuk memperkuat daya saing logistik Maroko dan benua dan berkontribusi untuk mempromosikan peran Maroko sebagai pemain utama. dalam koridor logistik global.

Sebagai bagian dari momentum yang diprakarsai oleh Raja Muhammad VI untuk Tangier Med, program ini mencakup perluasan kapasitas pemrosesan pelabuhan dan pengembangan zona fasilitasi baru untuk mendukung pertumbuhan ekspor industri dan pertanian Maroko.

Momentum pengembangan di wilayah utara Kerajaan ini mengalami percepatan baru berkat proyek ambisius baru dari Kota Teknologi Muhammad VI Tangier. Pengembangannya akan dilakukan dalam sinergi sempurna dengan pelabuhan dan logistik proyek Tangier Med.

Sementara itu, ketua eksekutif kelompok AP Møller-Maersk, operator yang bertanggung jawab atas operasi terminal, pada kesempatan yang sama menyampaikan penghargaan pada visi Raja Muhammad V  dan mengkonfirmasi kepercayaan baru melalui komitmen kelompok untuk berinvestasi hampir 10 miliar dirham di terminal baru di pelabuhan Tangier Med II.

Dia juga memuji kepemimpinan Raja Muhammad VI dan kerangka investasi yang sesuai dan disediakan oleh Maroko.

Pada kesempatan ini, Putra Mahkota Moulay El Hassan berfoto bersama seorang eksekutif dari badan khusus Tangier-Mediterania.

Selanjutnya, Putra Mahkota Pangeran Moulay El Hassan mengunjungi pelabuhan Tangier Med dan terminal TC4 baru di mana Yang Mulia mengikuti penjelasan tentang berbagai tahap transshipment, penanganan dan penyimpanan kontainer. (SMC)


Foto Lainnya

Bank Sentral Maroko Memulai Investigasi untuk Temukan Uang yang Hilang

Sebelumnya

Eurasiareview: Maroko, Bintang Baru di Afrika

Berikutnya

Artikel