Sudan Selatan Ingin Bangun Kota Baru, Maroko Siap Membantu

KOMENTAR
post image
SEBANYAK sembilan perjanjian kerjasama ditandatangani Kerajaan Maroko dan Sudan Selatan, hari Rabu lalu (1/2). Penandatanganan perjanjian dilakukan di depan Raja Muhammad VI dan Presiden Salva Kiir Mayardit, di Istana Negara di Juba.

Mengawali upacara penandatanganan perjanjian kerjasama, Menteri Dalam Negeri Muhammad Hassad mengatakan bahwa kerjasama ini meneguhkan komitmen Raja Muhammad VI menjalin persaudaraan dan kerjasama Selatan-Selatan dengan sesama negara Afrika.

"Maroko berkomitmen membagi pengalaman dalam hal urbanisasi, dan pembangunan perkotaan, dalam rangka mendukung pembangunan ibu kota baru Sudan Selatan," ujarnya.

"Proyek besar ini membutuhkan, pertama, penyelesaian studi teknis dan kelayakan finansial, yang mana Kerajaan Maroko telah bersedia untuk membiayai hingga 5,1 juta dolar AS," kata Muhammad Hassad.

Dia menambahkan bahwa studi pendahuluan akan fokus pada urbanisasi serta aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Katanya lagi, studi ini akan mengarah pada pembuatan draft rencana induk dan teknis dan keuangan.

Di sisi lain, Kerajaan Maroko akan memberikan bantuan untuk Republik Sudan Selatan dalam fase yang berbeda dari pelaksanaan proyek, termasuk panggilan untuk kemitraan keuangan dan teknis, dan pengembangan keahlian Sudan Selatan dan know-how.

Perjanjian kerjasama tentang pembangunan kota baru Ramciel ditandatangani Menteri Dalam Negeri Muhammad Hassad, Menteri Kebijakan Perumahan dan Perkotaan Nabil Benabdallah, Ketua Dewan Pengelolaan Al Omrane Group Badre Kanouni, dan Menteri Sudan Selatan Mayiik Ayii Deng.

Juga ditandatangani dalam kesempatan itu perjanjian kerjasama umum oleh Menteri Luar Negeri, Salaheddine Mezouar, dan Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudan Selatan, Deng Alor Kuol.

Sebuah kesepakatan tentang promosi investasi dan perlindungan, juga ditandatangani oleh Menteri Ekonomi dan Keuangan Mohamed Boussaid, dan Menteri Keuangan dan Perencanaan Sudan Selatan, Stephen Dhieu Dau. SMC

Foto Lainnya