Ditegaskan, Protes Keras Maroko untuk Ban Ki-moon Secara Pribadi

KOMENTAR
post image
PEMERINTAH Kerajaan Maroko menegaskan bahwa mereka sama sekali tidak memiliki masalah dengan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Kritik dan protes keras yang disampaikan beberapa waktu belakangan ini ditujukan kepada Ban Ki-moon secara pribadi yang kini masih menjabat sebagai Sekjen PBB.

Penegasan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Maroko, Salaheddine Mezouar, dalam jumpa pers di New York, Kamis (17/3).

Menurutnya, reaksi masyarakat dan pemerintah Maroko terhadap Ban Ki-moon sangat logis, karena Ban Ki-moon bertindak di luar kewenangan dan tanggung jawab sebagai Sekjen PBB, dan perbuatannya itu mengancam dan merugikan Maroko.

"Dihadapkan pada blunders yang berulang Ban Ki-moon saat mengunjungi kawasan, serta tindakannya yang tidak sesuai dengan tanggung jawab dan misi Sekjen PBB yang memintanya menjalankan tugas dengan kesetaran dan objektivitas, logis bila ada reaksi dari pemerintah Maroko yang menyampaikan protes keras melawan ekses dari tindakannya," ujar Mezouar.

Dia menambahkan, Sekjen PBB bekerja untuk mempengaruhi publik opini internasional dan Dewan Keamanan PBB berdasarkan pendapat pribadi.

Diplomat senior Korea Selatan itu, sambung Mezouar, bertindak lebih buruk lagi dengan mengarahkan situasi ke arah konfrontosasi antara Maroko dan PBB untuk menjustifikasi tindakan yang tidak dapat dijustifikasi.

Mezouar juga mengatakan, dalam pertemuan antara dirinya dengan Ban Ki-moon pada hari Senin lalu, dirinya sudah menyampaikan kecaman keras itu.

"Saya juga sudah menghubungi mayoritas negara anggota Dewan Keamanan PBB tentang penyalahgunaan kewenangan ini," demikian Mezouar. SMC

Foto Lainnya