Sabtu, 04 Maret 2017 , 09:34:00 WIB

Raja Muhammad Kunjungan Proyek Pelabuhan Bongkar Muat Locodjro

DIDAMPINGI Wakil Presiden Pantai Gading, Daniel Kablan Duncan, hari Kamis lalu (2/3), Raja Muhammad VI dari Maroko mengunjungi proyek pembangunan Locodjro di Grand Lahou, sekitar 150 kilometer arah selatan Abidjan.

Kunjungan pribadi Raja Maroko untuk mengamati perkembangan proyek pembangunan ini mencerminkan komitmennya yang sangat kuat pada berbagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup rakyat Afrika. Kunjungan ini juga untuk mempromosikan kerjasama dan persaudaraan Maroko dan Kelapa Gading demi menciptakan hubungan Selatan-Selatan.

Di masa depan pelabuhan bongkar muat Locodjro diharapkan dapat memberikan kontribusi yang tidak sedikit pada sektor perikanan kecil melalui pengorganisasian dan pengawasan perdagangan, peningkatan kualitas produk, memperbaiki kehidupan nelayan skala kecil dan menengah, memperbaiki taraf hidup wanita pekerja di sektor pengawetan ikan, termasuk ikan asap maupun ikan kering.

Proyek ini pun dipercaya akan menciptakan lapangan pekerjaan, mengoptimalkan aktivitas perikanan skala kecil, dan meningkatkan pendapatan sekitar 7.000 nelayan di sektor ini. Pada gilirannya ini akan meningkatkan taraf hidup keluarga nelayan secara berkelanjutan dan integratif.

Pembangunan kawasan pelabuhan bongkar muat ini didanai oleh Yayasan Muhammad VI untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Kementerian Pertanian Maroko yang difasilitasi oleh Bank Attijariwafa Bank senilai 56,5 juta MAD.

Di dalam fasilitas pelabuhan bongkar muat ini juga akan dibangun pabrik es, ruang pendinginan, fasilitas pengasapan dan pengeringan, klinik kesehatan dan pusat perawatan bagi anak-anak pekerja wanita. [SMC


Comments