Pidato Raja

Atasi Kesenjangan Sosial, Raja Maroko Cari Model Pembangunan Baru

KOMENTAR
post image

RAJA Mohammed VI dari Maroko mengumumkan peluncuran komite yang ditugasi untuk menguraikan model pembangunan baru untuk mengatasi kesenjangan sosial.

Dalam pidato yang menandai dua puluh tahun masa pemerintahannya awal pekan ini, Raja Mohammed VI mengumumkan, komite tersebut akan berfungsi sebagai badan penasehat untuk membuat saran demi meningkatkan reformasi di bidang-bidang seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, investasi dan perpajakan.

Raja berusia 55 tahun itu menyebutkan beberapa pencapaian penting dari pemerintahannya, dengan penekanan pada pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, kereta api berkecepatan tinggi, pelabuhan, energi terbarukan dan pembangunan kota.

"Apa yang merongrong hasil positif ini adalah bahwa efek dari kemajuan dan pencapaian yang dibuat, sayangnya, belum dirasakan oleh semua segmen masyarakat Maroko", kata Raja Mohammed VI.

Penekanan khusus juga diberikan pada kebutuhan untuk membuka keran ekonomi bagi investor asing dan memperbaiki sektor publik.

Dia menyebut, proyek dan reformasi seperti itu membutuhkan pemimpin baru dalam posisi pengambilan keputusan.

"Saya meminta kepala pemerintahan untuk menyerahkan kepada saya, setelah liburan musim panas, proposal untuk mengisi jabatan eksekutif di pemerintahan dan pegawai negeri dengan elit nasional tingkat tinggi yang dipilih berdasarkan kemampuan dan kompetensi", jelasnya seperti dimuat Reuters. []


Related News

Foto Lainnya

Berambisi Jadi Negara Maju, Raja Mohammed VI Siapkan Model Pembangunan Baru Bagi Maroko

Sebelumnya

Peringati 20 Tahun Naik Tahta, Raja Maroko: Hanya Tuhan Yang Tahu Bagaimana Saya Menderita

Berikutnya