Politik

Raja Maroko Dianugerahi Medali Kehormatan Di AS

KOMENTAR
post image

JERIH payah Raja Maroko, Mohammed VI untuk memerangi kemiskinan serta mendorong kesadaran untuk peduli pada lingkungan mendapat apresiasi di negeri Paman Sam.

Raja Mohammed VI dianugerahi Penghargaan Medali Kehormatan Internasional Pulau Ellis 2019. Penghargaan bergengsi itu diberikan sebagai bentuk pengakuan atas upaya Raja Mohammed VI memberantas kemiskinan dan kerawanan lingkungan.

Penghargaan itu sekaligus merupakan bentuk penghormatan atas tindakan Raja Mohammed VI untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan lingkungan pada generasi selanjutnya.

Komitmen Raja Mohammed VI dalam hal tersebut tampak nyata dalam berbagai inisiatif Maroko, seperti ratifikasi Perjanjian Iklim Paris, peluncuran inisiatif Adaptasi Pertanian Afrika (AAA) dan pembentukan Yayasan AAA.

Yayasan di bawah kepemimpinan Rama Mohammed VI ini merupakan cikal bakal kebijakan energi terbarukan di Maroko.

Untuk diketahui, Inisiatif AAA bertujuan untuk mengurangi kerentanan pertanian Afrika terhadap perubahan iklim.

Inisiatif ini dijalankan dengan pendekatan pragmatis yang berorientasi pada promosi proyek-proyek dengan potensi tinggi untuk kepentingan masyarakat Afrika dan pembiayaan proyek-proyek prioritas yang kemungkinan akan melawan dampak perubahan iklim terhadap pertanian di Afrika.

Inisiatif ini diluncurkan dan dipromosikan oleh Maroko selama KTT COP22 yang diadakan di Marrakesh dari tanggal 7 hingga 18 November 2016.

Inisiatif AAA disambut oleh KTT Aksi Afrika yang diadakan pada 16 November 2016, di sela-sela COP 22.

Raja Maroko Mohammed VI gencar mempromosikan Inisiatif AAA tersebut.

Untuk diketahui, Medali Kehormatan Internasional Pulau Ellis sendiri sebelumnya juga pernah dianugerahi pada tujuh Presiden Amerika Serikat, yakni Richard Nixon, Gerald Ford, Jimmy Carter, Ronald Reagon, George Bush H., Bill Clinton, dan Donald Trump.

Penghargaan ini biasanya diberikan kepada warga negara Amerika Serikat. Namun tahun ini, Raja Mohammed VI termasuk di antara tiga penerima yang menerima penghargaan dalam kategori “Peraih Medali Internasional”. (SMC)


Foto Lainnya

Usai Bahas Kerjasama, Raja Maroko Buka Puasa Bersama Menantu Presiden AS

Sebelumnya

Raja Maroko Kucurkan Hibah Demi Restorasi Masjid Al Aqsa

Berikutnya

Artikel