Ekbis

Portugal-Maroko Buat 9 Kesepakatan

KOMENTAR
post image
Komisi tingkat tinggi Maroko-Portugal yang ke sebelah menghasilkan sembilan kesepakatan diatara kedua negara.

Kesepakatan tersebut mencakup beberapa sektor strategis seperti sektor energi terbaharui, pariwisata, industri dan infrakstruktur.

Kedua pihak menandatangani rencana bersama sebagai bagian dari protokol yang ditandatangani di Juli 2008 terkait energi solar dan matahari serta partisipasi bisnis industri Portugal dalam mengembangkan pusat teknologi Oujda.

Mereka juga menandatangani perjanjian pinjaman sebesar 200 juta Euro untuk membiayai proyek-proyek publik yang akan dilaksanakan oleh pebisnis dari Portugal. Selain itu disiapkan juga tambahan pinjaman sebesar 100 juta Euro.

Kesepakatan lainnya adalah kerjasama antara kantor kereta api Maroko (ONCF) dengan Portugal. Dalam hal ini kerjasama lebih dipusatkan pada permasalahan konsulatif dan administratif antara Rabat-Lisbon.

Pernyataan bersama juga ditandatangani untuk kerjasama di bidang penelitian, teknologi, dan pendidikan tingkat tinggi. Hal ini sebagai tambahan atas protokol kerjasama antara kementerian kebudayaan kedua negara dan juga antara Institut Camoes dan Universitas Mohammed V Agdal.

Foto Lainnya

Hubungan India-Maroko Makin Kuat, Tandatangani Perjanjian Pertahanan Dan Budaya

Sebelumnya

Bank Sentral Maroko Memulai Investigasi untuk Temukan Uang yang Hilang

Berikutnya

Artikel Ekbis