Politik

Amina Bouayach Kini Memimpin Komnas HAM

KOMENTAR
post image

MANTAN dutabesar di Swedia, Amina Bouayach secara resmi ditunjuu menjadi Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (CNDH) yang baru.

Keputusan Raja Muhammad VI mengangkat wanita kelahiran 1957 itu dilakukan dalam resepsi di Istana Kerajaan di Rabat, hari Kamis kemarin (6/12).

Bouayach akan menggantikan Driss El Yazami yang memimpin CNDH sejak Maret 2011.

“Setelah memberikan pengakuan atas kontribusi positif CNDH selama ini,  Raja Muhammad VI mengambil keputusan untuk melanjutkan dan memperkuat pencapaian Maroko pada bidang ini,” demikian bunyi keterangan Kerajaan.

Raja Muhammad VI menambahkan, ada semacam kebutuhan bagi CNDH dalam format barunya dan sebagai lembaga independen negara untuk menyelesaikan tugas yang dipercayakan. Dia menambahkan, tugas CNDH beritutnya adalah menciptakan mekanisme nasional untuk mencegah penyiksaan, kekerasan terhadap anak dan melindungi hak warganegara penyandang disabilitas.

CNDH didirikan pada Maret 2011 dan merupakan lembaga negara yang bertanggung jawab dalam melindungi dan mempromosikan HAM di Maroko. Lembaga ini menggantikan lembaga sejenis, Penasehat HAM, yang didirikan pada Mei 1990.

Adapun Bouayach sebelumnya ditugaskan sebagai Dubes Maroko di Swedia pada tahun 2016.

Lahir di Tetouan, Bouayach memiliki pengalam luas dalam bidang HAM. Dia pernah bekerja di PBB, Uni Afrika dan Jaringan Kemanusiaan Eropa-Mediterania.

Pada tahun 2011, Raja Muhammad VI menunjuk Bouayach sebagai anggota Komisi Konsultatif Reformasi Konstitusi. Ia mendapatkan Bintang Kehormatan Kerajaan atas kontribusinya dalam menyusun konstitusi Maroko. [SMC]


Foto Lainnya

Maroko dan Uni Eropa Perkuat Kemitraan Strategis

Sebelumnya

Presiden Tunisia Memuji Keberhasilan Maroko Membangun Ekonomi dan Menjaga Stabilitas Politik

Berikutnya

Artikel