Berita

Raja Maroko Ingin Strategi Pembangunan Negara Dievaluasi

KOMENTAR
post image
Raja Muhammad VI

PEMIMPIN Maroko Raja Muhammad VI merasa ada yang salah dari strategi pembangunan negaranya.

Menurutnya, banyak program yang tidak sesuai dengan kebutuhan warga. Sebab ada lebih dari seratus program kesejahteraan sosial dengan berbagai ukuran yang tersebar di antara beberapa kementerian dan lembaga publik.

“Dan miliaran dirham diperuntukkan bagi mereka,” jelasnya pada peringatan ke-19 tahun penobatan dirinya sebagai raja, Senin (30/7).

Raja menilai banyak program yang tumpang tindih, kurang koordinasi, dan tidak menjadikan rakyat sebagai target pembangunan.

Dia menambahkan bahwa warga negara tidak dapat memperoleh manfaat dari program-program ini jika kementerian dan lembaga publik tidak secara efisien memenuhi kebutuhan mereka.

“Saya tidak mengkritik hanya untuk kepentingan itu. Bahkan, saya menganggap kritik terhadap diri sendiri menjadi suatu kebaikan dan fenomena yang sehat, selama kata-kata digabungkan dengan perbuatan dan dengan reformasi, ”katanya.

Raja meminta pejabat pemerintah untuk meningkatkan dan mengambil langkah konkret dengan merestrukturisasi program dan kebijakan kesejahteraan sosial nasional dan mengajukan proposal untuk evaluasi.

“Tugas ini membutuhkan pendekatan partisipatif, pandangan jauh, ketekunan, serta penerapan yang tekun,” tukasnya. [SMC


Foto Lainnya

Maroko Ikut Beli Senjata Baru dari AS

Sebelumnya

Putri Lalla Khadija Muncul Pertama Kali dalam Upacara Bersama Raja

Berikutnya

Artikel Berita