Politik

Delegasi Nigeria Kunjungi Laayoune, Saksikan Pembangunan Pesat di Selatan Maroko

KOMENTAR
post image
DELEGASI Parlemen Nigeria belum lama ini mengunjungi Laayoune di Selatan Maroko untuk menyaksikan pembangunan yang begitu pesat di kota itu.

Al Ahdath Al Maghribia melaporkan, delegasi Parlemen Nigeria itu terdiri dari anggota Senate Muhammad Adamu Aleiro dan Orji Theodore Ahamefule.

Mereka mengunjungi Laayoune hari Minggu (20/5) dan bertemu dengan beberapa anggota Komisi Regional Komnas HAM Maroko serta unsur pemerintahan daerah.

Dalam kunjungan selama tiga hari itu, keduanya juga melakukan pertemuan dengan pemimpin-pemimpin masyarakat Maroko di selatan dan mengobservasi pembangunan multidimensional yang terjadi dalam beberapa dekade terakhir.

Kunjungan ini merupakan bagian dari dinamika baru hubungan kedua negara.

Bulan Mei 2017, Nigeria dan Maroko menandatangani beberapa perjanjian yang terkait dengan pembangunan proyek Gazoduc dan pabrik pupuk. Pemerintah Maroko telah menginvestasikan dana tak kurang dari 21 miliar MAD hingg Maret 2018 untuk proyek-proyek tersebut.

Proyek-proyek tersebut merupakan bagian dari model pembangunan yang dikembangkan Raja Muhammad VI yang diluncurkannya bersamaan dengan peringatan 40 tahun Green March tahun 2015.

Proyek itu juga meliputi pembangunan bandara untuk melayani penerbangan ke kota-kota lain di benua Afrika, rel kereta antara Tangier dan Lagouira yang menyambungkan Maroko dengan kota-kota lain di Afrika.

Juga dana pembangunan untuk mendukung perkembangan bisnis dan sosial ekonomi, menciptakan pendapatan yang stabil dan menciptakan lapangan perkerjaan di kalangan pemuda.

Menurut Perdana Menteri Saad Eddine El Othmani, program pembangunan di provinsi selatan yang dijadwalkan hingga 2021 ini telah mencapai 48 persen tingkat penyelesaian. SMC

Foto Lainnya

Perang Dunia Pertama, Tentara Maroko Dikenal Sebagai Penelan Kematian

Sebelumnya

100 Tahun Armistice Perang Dunia Pertama, Peranan Maroko dalam Sejarah Dunia Diakui

Berikutnya

Artikel