Politik

14 Perjanjian Kerjasama Maroko dan Kongo Ditandatangani

KOMENTAR
post image

RAJA Muhammad VI dari Maroko yang sedang berada di Brazzaville, Kongo, bersama Presiden Kongo Denis Sassou N'Guesso memimpin acara penandatanganan sejumlah perjanjian kerjasama bilateral kedua negara di Istana Rakyat Kongo (Senin, 30/4).

Perjanjian kerjasama yang ditandatangani itu sejalan dengan Orientasi Kerajaan Maroko untuk memperkuat hubungan Selatan-Selatan yang meningkatkan keuntungan dari kerjasama kedua negara dan menerapkan visi strategi Raja Muhammad VI kepada negara-negara sahabat di Afrika.

Perjanjian kerjasama pertama terkait dengan promosi dan perlindungan investasi yang ditujukan untuk memperkuat kerjasama ekonomi kedua negara. Dalam perjanjian itu disepakati penciptaan kondisi yang mendukung investasi.

Perjanjian ini ditandatangani Menteri Ekonomi dan Keuangan Maroko Mohamed Boussaid, dan Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Kongso, Jean-Claude Gakosso.

Dalam keterangan yang diterima redaksi disebutkan bahwa naskah kerjasama kedua terkait dengan upaya menghindarkan pajak ganda yang juga ditandatangani Bousaid dan  Gakosso.

Selanjutnya adalah perjanjian pembangunan fasilitas perikanan di Kongo yang ditandatangani Menteri Pertanian dan Perikanan Maroko Aziz Akhannouch, dan Menlu Gakosso.

Secara umum, ada 14 perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh kedua negara dalam kesempatan itu.

Perjanjian lain yang ikut ditandatangani adalah perjanjian antara RS Sheikh Zaid  dan RS UniversitasCentre of Brazzaville (CHUB). SMC


Foto Lainnya

Amina Bouayach Kini Memimpin Komnas HAM

Sebelumnya

Raja Muhammad VI: Rakyat Palestina Berjuang Karena Penjajahan dan Ketidakadilan

Berikutnya

Artikel