Ikut One Planet Summit, Bukti Nyata Komitmen Maroko Soal Perubahan Iklim

KOMENTAR
post image


Raja Muhammad VI didampingi oleh Putra Mahkota HRM Moulay El Hassan ikut ambil bagian dalam kegiatan One Planet Summit Selasa sore (12/12).

Ia tiba di Ile Seguin, yang menjadi tuan rumah pertemuan puncak, di atas kapal tongkang bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron dan sejumlah kepala negara serta delegasi yang menghadiri acara tersebut.

Partisipasi Maroko dalam One Planet Summit tersebut isambut dengan sangat hangat pada saat pembukaan acara global ini.

"Kami berterima kasih kepada HM King Mohammed VI yang membuktikan, melalui kehadirannya di sesi pembukaan ini, komitmennya terhadap penyebab iklim melalui pengorganisasian COP22, kepemimpinannya untuk pembangunan berkelanjutan di benua Afrika dan program ambisius untuk pengembangan energi terbarukan," kata moderator pada sesi pembukaan di hadapan presiden Prancis Emmanuel Macron, UNSG Antonio Guterres, presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, PM Inggris Théresa May, kepala pemerintah Spanyol Mariano Rajoy, mantan Sekjen PBB Kofi Annan dan beberapa kepala negara dan pemerintah.

Moderator menyebut bahwa di momen tersebut, Raja Muhammad VI menunjukkan bagaimana isu iklim itu universal dan melibatkan semua negara utara dan selatan.

Dia juga menggarisbawahi bahwa kehadiran Mahkota Mahkota HRH Moulay El Hassan adalah sinyal kuat keterlibatan pemuda untuk mempertahankan masa depan planet ini.

Pada awal upacara pembukaan, yang ditandai oleh pidato yang diberikan oleh presiden Prancis, ketua DKPBB dan Bank Dunia, kepala negara dan delegasi menyaring sebuah video tentang adopsi Perjanjian Iklim Paris (12 Desember 2015).

Partisipasi kerajaan Maroko dalam acara penting ini, yang berusaha menyatukan aksi global mengenai isu iklim, mencerminkan dengan sangat jelas kepentingan khusus yang diambil Maroko dalam masalah vital kemanusiaan ini.

Hal ini ditunjukkan dalam beberapa inisiatif yang dilakukan oleh Yang Mulia Raja yang mendukung Afrika sebagai Inisiatif Triple A yang diluncurkan di COP22 Marrakech dan dimaksudkan untuk menyesuaikan pertanian Afrika menghadapi perubahan iklim.

Secara nasional, KTT tersebut menawarkan kesempatan kepada Maroko untuk membuktikan komitmennya terhadap mobilisasi segala cara, terutama yang bersifat finansial, untuk berkontribusi pada upaya internasional untuk memerangi perubahan iklim.

Maroko berjanji untuk mencapai 52 persen energi berbasis energi terbarukan pada tahun 2030 dan memangkas sebesar 42 persen emisi gas rumah kaca pada tahun 2030. Tujuan ini membutuhkan anggaran sebesar 45 miliar dolar.

Dalam hal ini, Maroko adalah penerima manfaat pertama dari Green Fund for Climate yang menyetujui 21 proyek Maroko dan 54 proyek di Afrika.

One Planet Summit sendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Bank Dunia, menyatukan aktor keuangan publik dan swasta untuk mengeksplorasi cara berinovasi, mendukung dan mempercepat perang melawan perubahan iklim. SMC

Foto Lainnya