26 Investasi Asing Di Bidang Otomotif Diluncurkan

KOMENTAR
post image
Raja Muhammad VI memimpin peluncuran 26 investasi industri otomotif dengan total nilai 13,78 miliar dirham, di Istana Kerajaan Casablanca, Senin (12/12).

Investasi baru ini membuktikan posisi kuat sektor industri Maroko serta kepercayaan dari operator internasional terbaik dalam program industri nasional. Mereka juga membuktikan perubahan dimensi industri yang beralih ke model ekonomi yang solid.

Pada awal acara, sebuah film yang menyoroti perkembangan industri otomotif nasional dalam beberapa tahun terakhir diputar. Perkembangan ini bisa terjadi berkat rencana percepatan industri, yang diluncurkan pada bulan April 2014, serta langkah-langkah yang menyertainya terutama dalam hal pelatihan.

Menteri Industri, Investasi, Perdagangan dan Ekonomi Digital, Moulay Hafid Elalamy, mengatakan bahwa perkembangan sektor industri dan industri otomotif pada khususnya adalah hasil dari visi di bawah kepemimpinan Raja Mohammed VI.

Menteri Elalamy menekankan bahwa 26 investasi yang diluncurkan di industri otomotif ini mengenalkan spesialisasi baru Maroko sekaligus memperkuat integrasi lokal.

Elalamy juga menyatakan investasi ini akan menciptakan 11.568 pekerjaan langsung. Peluncuran investasi ini akan memungkinkan produksi roda aluminium, dasbor, bemper, kursi dan kotak elektromekanis.

Dari 26 investasi tersebut, enam proyek merupakan bagian dari pelaksanaan Renault Ecosystem. Berkat ekosistem berskala besar ini, pabrikan tersebut memasok komponen mesin senilai 1 miliar Euro tiap tahun dari Maroko.

Tiga belas investasi lain akan dilakukan dalam kerangka PSA Peugeot Ecosystem yang memberikan dorongan baru bagi sektor ini secara keseluruhan dan membantu menciptakan industri unggulan di kawasan Kenitra.

Lima investasi lainnya merupakan bagian dari "Wiring and Connection" yang diluncurkan pada bulan Oktober 2014, sementara dua investasi akan diluncurkan dalam kerangka Valeo Ecosystem.

Dalam acara yang sama, Raja Mohammed VI melakukan penandatanganan lima dokumen terkait 26 investasi di sektor industri otomotif ini.

Turut hadir adalah Marc Nassif selaku managing director Renault Morocco Group; wakil presiden eksekutif PSA Peugeot Group untuk Afrika dan Timur Tengah, Jean Christophe Quemard; Wakil Presiden Valéo Group, Jean Luc Di Paola; dan Chairman dari Asosiasi Moroccan untuk Industri Otomotif dan Perdagangan (AMICA), Hakim Abdelmoumen. SMC

Foto Lainnya