Selasa, 09 Mei 2017 , 07:50:00 WIB

Kerjasama Militer Portugal-Maroko Tingkatkan Perdamaian Kawasan

KERAJAAN Maroko dan Portugal tengah mengkonsolidasi kerjasama bilateral kedua negara di bidang pertahanan nasional.

Delagasi Menteri Pertahanan Maroko, Abdellatif Loudyi, hari Senin kemarin (8/5) bertemu dengan Menteri Pertahanan Portugal Jose Alberto Azeredo Lopes yang sedang berkunjung ke Maroko.

Dalam pertemuan itu, Menhan Lopez didampingi Dutabesar Portugal untuk Maroko Maria Rita Ferro, dan KSAL Portugal Admiral Antonio Manuel Fernandes da Silva Ribeiro.

Disebutkan dalam komunike yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan Maroko bahwa penguatan kerjasama kedua negara didasarkan pada perjanjian yang ditandatangani tahun 1993, ditujukan untuk mengorganisir latihan militer bersama dan saling tukar menukar personel.

Sejak beberapa tahun belakangan ini, Maroko dan Portugal telah memperkuat kerjasama mereka di berbagai sektor.

Di tahun 2014, misalnya, kedua negara melakukan latihan perang bersama selama 10 hari yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan menciptakan kapabilitas angkatan laut untuk menjaga perdamaian kawasan.

Di tahun yang sama, mantan Menteri Luar Negeri Maroko Salaheddine Mezouar mengatakan bahwa hubungan yang mengikat kedua negara istimewa, dan kedua negara memiliki visi yang sama untuk menciptakan kawasan Mediterranian dan Atlantik yang damai. SMC


Comments