Rabu, 22 Maret 2017 , 01:37:00 WIB

Dibantu China, Raja Muhammad VI Luncurkan Proyek Kota Teknologi Tangier

SEBUAH kota mandiri di Tangier baru saja diresmikan. Kota baru itu diyakini akan memberikan kontribusi untuk perkembangan perekonomian Tangier dan kawasan di utara Maroko lainnya. Ini adalah buah dari kebijakan kemitraan ekonomi dengan beberapa negara yang didasarkan pada kepentingan nasional.

Kota mandiri itu diberi nama Kota Teknologi Muhammad VI.

Peluncuran proyek ini dilakukan hari Senin (20/3), dihadiri Raja Muhammad.

Upacara peluncuran diawali dengan presentasi Menteri Industri, Perdagangan, Investasi dan Ekonomi Digital Moulay Hafid Elalamy mengenai garis besar proyek skala besar ini yang merupakan perwujudan dari visi kerajaan mengembangkan dan mendiversifikasi kemitraan ekonomi dan politik Maroko.

Proyek ini dikerjakan oleh pemerintahan Tangiers-Tetouan-Al Hoceima, perusahaan Haite China dan Bank BMCE, dan merupakan contoh konkret dari kemitraan China-Maroko.

Proyek ini memberikan dampak tidak hanya kepada daerah, tetapi juga seluruh negeri, kata Elalamy.

Dia mengingatkan, Raja Muhammad VI telah mengeluarkan instruksi jelas agar pembangunan ini diselerasakan dengan rencana percepatan industri 2014-2020 termasuk aspek strategis utama terkait dengan kemitraan industri Maroko-China.

Menteri Elalamy mengatakan China telah mengembangkan teknologi dalam kaitannya dengan industri dan Smart City. China juga berhasil mencatat bahwa kota-kota mengintegrasikan zona harmonis industri, komersial, hiburan dan utilitas umum dan menyediakan mereka dengan teknologi tinggi yang dibutuhkan dalam kehidupan modern.

Sementara itu, Presiden Dewan Wilayah Tangier-Tetouan-Al Hoceima Ilyas Omari mengatakan bahwa Kota Teknologi Muhammad VI ini sejalan dengan kehendak kerajaan dan akan menciptakan ribuan pekerjaan, transfer teknologi canggih, angkat nasional saing perekonomian dan meningkatkan status ekonomi kawasan.

Presiden Haite Group Li Biao menggarisbawahi bahwa Maroko telah menjadi berkat aset yang solid dan kelipatannya, tujuan panas untuk pengusaha China.

Bahkan, stabilitas Maroko politik dan sosial, dengan perekonomian yang terbuka pada dunia dan terintegrasi dengan baik dalam rantai nilai internasional, dan kehadiran pemimpin industri dunia di sektor kompetitif, membuat negara lingkungan investasi yang ideal bagi investor China, katanya. [dem]


Comments