Kamis, 02 Maret 2017 , 19:39:00 WIB

Pembicaraan Telepon Raja Muhammad VI

Poros Rabat-Abuja Diperlukan dalam Kerjasama Hadapi Masalah Afrika

KERJASAMA Kerajaan Maroko dan Republik Federasi Nigeria dapat ditingkatkan dengan mengintensifkan Poros Rabat-Abuja.

Demikian salah satu hal yang disampaikan Raja Muhammad VI dari Maroko ketika berbicara dengan Presiden Nigeria Muhammadu Buhari lewat sambungan telepon, hari Rabu (1/3).

Menurut Istana Kerajaan Maroko, dalam pembicaraan itu Raja Muhammad juga menanyakan kabar kesehatan Presiden Buhari dan mengatakan puas atas kondisi kesehatan Buhari yang membaik.

Pembicaraan kedua kepala negara juga menyentuh pertemuan yang dilaksanakan bulan Desember 2016 di Kasablanka yang dipimpin oleh Raja Muhammad VI mengenai kerjasama Atlantik Gazoduc antara Maroko dan Nigeria, serta tahap berikutnya yang lebih strategis.

Raja Muhammad juga menyampaikan hasil perjalanannya ke sejumlah negara Afrika beberapa waktu belakangan ini dan mengatakan dirinya puas dengan sambutan dari setiap negara yang dikunjungi.

Tidak lupa Raja Muhammad VI juga mengucapkan terima kasih atas keterlibatan secara personal Presiden Buhari terkait dengan kembalinya Maroko ke dalam Uni Afrika.

Raja Muhammad VI menyakinkan Presiden Buhari bahwa dirinya berniat membangun poros Rabat-Abuja sebagai sebuah poros strategis dan berperan sebagai kerangka kerja untuk konsultasi dan kerjasama dalam berbagai isu di Afrika. SMC


Comments