Kamis, 02 Februari 2017 , 22:41:00 WIB

Setelah Maroko Kembali Jadi Anggota Uni Afrika, Ini Negara Pertama yang Dikunjungi Raja Muhammad

SUDAN Selatan menjadi negara Afrika pertama yang dikunjungi Raja Muhammad VI setelah Maroko kembali menjadi anggota Uni Afrika.

Raja Muhammad tiba di Juba, Sudan Selatan, hari Rabu (1/2) dan dijadwalkan bertemu Presiden Sudan Selatan Salva Kiir Mayardit.

Kedua kepala negara melakukan pembicaraan untuk memperdalam hubungan bilateral antara kedua negara.

Sejalan dengan inisiatif kemanusiaan Maroko untuk membantu negara-negara Afrika selama masa krisis atau bencana alam, Maroko mendirikan rumah sakit lapangan multi-disiplin di Juba sesuai arahan Raja Muhammad VI.

Rumah sakit lapangan yang mulai beroperasi pada 23 Januari lalu memiliki kapasitas 30 tempat tidur yang dapat diperluas untuk 60 pasien. Lalu sebanyak 20 dokter spesialis, dibantu 18 perawat memberikan layanan medis di pediatri, penyakit dalam, bedah, kardiologi , traumatologi, kedokteran gigi, oftalmologi dan kedokteran THT.

Rumah sakit ini juga akan memiliki laboratorium medis dan farmasi.

Sudan Selatan adalah negara sub-Sahara kedua yang dikunjungi Raja Muhammad VI pada tahun 2017. Kunjungan pertama adalah ke Ethiopia untuk menghadiri KTT ke-28 Uni Afrika.

Di bandara Juba, Raja Muhammad disambut Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Ethiopia, Hirut Woldemariam, dan Duta Besar Maroko untuk Ethiopia, Nezha Alaoui M'Hamdi. SMC


Comments