Senin, 30 Januari 2017 , 21:04:00 WIB

Raja Muhammad VI Gelar Jamuan Makan Malam Jelang KTT UA

KEPALA negara-negara di Afrika mendapatkan undangan makan malam resmi dari Raja Muhammad VI. Makan malam akan digelar hari Senin (30/1) di Addis Ababa, di tengah pernyelenggaraan KTT Uni Afrika.

KTT UA kali ini akan membahas sejumlah isu penting, salah satunya adalah keputusan Maroko kembali menjadi anggota Uni Afrika setelah meninggalkan organisasi itu tahun 1984. Selain itu juga akan dibahas pergantian kepemimpinan Uni Afrika yang saat ini diduduki Nkosazana Dlamini-Zuma dari Afrika Selatan.

Jamuan makan malam kerajaan itu merupakan langkah diplomatik Maroko untuk kembali menjadi anggota UA.

Maroko merupakan salah satu negara pendiri Organisasi Uni Afrika. Namun di tahun 1984 Maroko memutuskan untuk meninggalkan organisasi itu sebagai bentuk protes atas sikap beberapa negara Afrika mengakui negara boneka bentukan Aljazair dan Polisario.

Dalam enam bulan terakhir Raja Muhammad mengunjungi sejumlah negara untuk memastikan keinginan Maroko bergabung dengan Uni Afrika.

Informasi yang diperoleh mengatakan, pada hari Minggu (29/1) Raja Muhammad menggelar pertemuan dengan President Guinea Equator, Theodoro Obiang Nguema Mbasogo, dan Presiden Republik Demokratik Rakyat Kongo, Denis Sassou Nguesso. SMC


Comments