Maroko dan Nigeria Sepakati Kerjasama Pengembangan Industri Pupuk

Komentar
post image
NIGERIA dan Maroko menyepakati kerjasama di bidang pengembangan industri pupuk. Perjanjian kerjasama strategis itu ditandatangani pada pertemuan delegasi Maroko dan Nigeria di Abuja, hari Jumat (2/12), disaksikan Raja Muhammad VI dan Presiden Republik Federal Nigeria,  Muhammadu Buhari.

Kemitraan strategis di sektor pupuk di Nigeria adalah bagian dari visi bersama oleh Maroko dan Nigeria untuk pengembangan Afrika. Ini memperlihatkan kemauan kuat kedua negara  menjalin hubungan ekonomi.

Kemitraan Selatan-Selatan ini menyentuh semua rantai-nilai industri pertanian, berdasarkan solusi pemupukan yang disesuaikan dengan kondisi tanah dan budidaya di Nigeria, ketersediaan pupuk di pasar Nigeria. Kedua negara juga menyepakati pengembangan dukungan bagi petani lokal.

Kerjasama inipun menyediakan mengembangkan platform untuk produksi pupuk di Nigeria, dan memperkuat pasar pupuk di negeri ini, selain  bertujuan untuk mengamankan pasokan pupuk untuk pasar Nigeria dengan harga yang kompetitif, berbagi nyata pengetahuan dalam hal mengembangkan fasilitas blending lokal, mempromosikan inovasi, penelitian dan pengembangan, memperkuat saluran distribusi lokal, dan memperluas sistem pertanian yang ada.

Tujuan akhir adalah untuk mengembangkan pertanian berkelanjutan di Nigeria sambil membantu dengan perbaikan kehidupan sehari-hari petani dalam semangat kemitraan Selatan-Selatan.

Setelah itu, kedua kepala negara memimpin upacara penandatanganan dua perjanjian yang berkaitan dengan kemitraan ini.

Yang pertama adalah perjanjian antara OCP-Ltd dan Dangote Industries Limited untuk pengembangan platform produksi pupuk di Nigeria. Kerjasama ini ditandatangani Mostafa Terrab, CEO dari OCP-Ltd, dan Aliko Dangote, CEO Dangote Industries Limited.

Yang kedua adalah rancangan perjanjian antara OCP-Ltd dan asosiasi produsen dan pemasok pupuk di Nigeria untuk pengembangan pasar pupuk di Nigeria, ditandatangani Mostafa Terrab dan Thomas Etuh, ketua asosiasi.

Kedua pemimpin juga memimpin penandatanganan lima perjanjian kerjasama, yakni:

Perjanjian bebas visa bagi paspor diplomatik dan layanan resmi, ditandatangani Menteri Luar Negeri Salaheddine Mezouar dan Menteri Luar Negeri Nigeria Geofrey Onyeama.

Perjanjian bilateral pada layanan udara, ditandatangani Salaheddine Mezouar dan Geofrey Onyeama.

Perjanjian kerjasama di bidang perikanan, ditandatangani Menteri Pertanian dan Perikanan Aziz Akhannouch dan Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Nigeria Audu Ogbeh.

Juga nota kesepahaman di bidang pertanian, ditandatangani Aziz Akhannouch, Hicham Belmrah, Ketua Dewan Mutuelle Agricole Marocaine d'Jaminan, dan Tariq Sijilmassi, CEO  Credit Agricole du Maroc. Adapun di sisi Nigeria ditandatangani Audu Ogbeh, Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan.

Terakhir, perjanjian kerjasama di bidang energi terbarukan antara KEdua Dewan MASEN Mustapha Bakkoury dan Menteri Energi, Teknik Sipil dan Perumahan Nigeria Babatunde Raji Fashola. SMC

Foto Lainnya