Media Tanzania: Maroko Kunci Kerjasama Selatan-Selatan

KOMENTAR
post image
KALANGAN media Tanzania juga menyambut hangat kunjungan Raja Maroko Muhammad VI ke negara itu. Tanzania dan Afrika disebutkan beruntung dan dapat belajar banyak hal dari keberhasilan Maroko.

Dalam salah satu artikelnya, Daily News mengatakan Maroko memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan kepada Afrika.

"Maroko sebagai salah satu pendiri Organisasi Afrika Bersatu (OAU), yang mengawali Uni Afrika memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada benua ini dalam hal kerjasama ekonomi, kolaborasi keamanan dan visi berdikari yang memungkinkan Afrika menjadi mesin pertumbuhan dunia berikutnya," tulis Daily News.

Negara-negara anggota UA disarankan untuk menyambut kehadiran Maroko dengan tangan terbuka, dan meminta negara-negara di timur Afrika, seperti Rwanda, Tanzania dan Ethiopia mendukung keputusan Maroko kembali ke UA dengan sepenuh hati.

"Sebagai pemain kunci di panggung politik Afrika sejak merdeka dari Inggris di tahun 1961, Tanzania harus mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan hubungan dengan kembalinya Maroko ke UA," sambung harian itu.

Merujuk pada peran yang dimainkan Maroko dalam mempromosikan kerjasama Selatan-Selatan, Daily News seperti dikutip dari Morocco World News, mengatakan bahwa selama beberapa dekade Maroko menjadi bintang terang negara-negara berbahasa Prancis di Afrika karena memiliki lingkungan politik yang stabil, ekonomi yang mapan dan politik luar negeri yang handal.

"Maroko adalah pendukung utama kerjasama Selatan-Selaran untuk mencapai solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi Afrika," demikian Daily News. SMC

Foto Lainnya