Inilah 19 Perjanjian Kerjasama yang Baru Ditandatangani Rwanda dan Maroko

KOMENTAR
post image
RWANDA dan Kerajaan Maroko menandatangani sejumlah perjanjian kerjasama di berbagai sektor mulai dari sektor pemerintahan, pariwisata, agrikultur, hingga teknologi.

Penandatanganan berbagai kerjasama itu disaksikan Raja Muhammad VI dari Maroko dan Presiden Rwanda Paul Kagame di Kigali, Rabu siang (19/10).

Setidaknya ada 19 perjanjian kerjasama yang ditandatangani. Berikut adalah daftarnya.

1. Perjanjian kerjasama umum yang ditandatangani Menlu Maroko Salaheddine Mezouar dan Menlu Rwanda Louise Mushikiwabo.

2. MOU untuk membangun mekanisme konsultasi politik yang ditandatangani Menlu Salaheddine Mezouar dan Menlu Louise Mushikiwabo.

3. Kerjasama pelayanan udara yang juga ditandatangani Menlu Salaheddine Mezouar dan Menlu Louise Mushikiwabo.

4. Kedua menlu juga menandatangani perjanjian bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan paspor khusus lainnya.

5. Perjanjian kerjasama keamanan yang ditandatangan Mendagri Maroko Mohamed Hassad dan Menkumham Rwanda Johnston Busingye.

6. Perjanjian untuk menghindarkan double taxation dan tax evasion  yang ditandatangani Menteri Ekonomi Maroko Mohamed Boussaid dan Menteri Keuangan dan Perencanaan Ekonomi Rwanda Claver Gatete.

7. Perjanjian kerjasama partnership Kementerian Keuangan dan Perencanaan Rwanda dengan Groupe Banque Centrale Populaire mengenai program micro-finance. Perjanjian ini ditandatangani Ketua Dewan direktur Groupe Banque Centrale Populaire Mohamed Benchaaboun dan Menteri Keuangan dan Perencanaan Ekonomi Rwanda Claver Gatete.

8. Perjanjian umum yang ditandatangani Menteri Keuangan dan Perencanaan Ekonomi Rwanda Claver Gatete dan Mohamed Benchaaboun dari Groupe Banque Centrale Populaire.

9. Perjanjian terkait promosi dan perlindungan investasi ditandatangani Mohamed Boussaid dan CEO of Rwanda Development Board (RDB) serta anggota kabinet Rwanda Francis Gatare.

10. Perjanjian pertnership antara Kantor Pariwisata Maroko (ONMT) dengan Dewan Pembangunan Rwanda, ditandatangani Direktur ONMT Abderrafie Zouiten dan Francis Gatare.

11. MOU dalam bidang kerjasama farmasi yang ditandatangani CEO Cooper Pharma Jaouad Cheikh Lahlou dan CEO Bank of Africa Othman Benjelloun, serta yang mewakili pemerintah Rwanda Francis Gatare.

12. MOU kerjasama antara Casablanca Finance City Authority (CFCA) dan RDB yang ditandatangani Dirjen CFCA, Said Ibrahimi dan Francis Gatare.

13. MOU mengenai pembangunan African Institute for Technology, ditandatangani Dirjen National Company for Transportation and Logistics (SNTL) Mohamed Ben Ouda dan Francis Gatare.

14. MOU untuk membangun pengembangan dan promosi kawasan ekonomi di Rwanda, ditandatangani Mohamed Ben Ouda dan Francis Gatare.

15. Perjanjian untuk mendirikan Dewan Bisnis Maroko dan Rwanda antara Moroccan Employers’ Association CGEM dan Rwandan Private Sector Federation (PSF) ditandatangani Presiden CGEM Miriem Bensalah-Chaqroun dan Presiden PSF Benjamin Gasamagera.

16. MOU antara MASEN dan Rwanda Energy Group Ldt untuk energi terbarukan ditandatangani Kepala MASEN Mustapha Bakkoury dan Dirjen Energy Group Ldt Jean Bosco Mugiraneza.

17. MOU untuk mendanai pembangunan 5.000 rumah ekonomis di Kigali ditandatangani CEO Palmeraie Développement Hicham Berrada Sounni dan Othman Benjelloun, sementara di pihak Rwanda ditandatangani Dirjen Bank Pembangunan Rwanda Alex Kanyankole.

18. Perjanjian antara Attijariwafa Bank dan shareholders Compagnie Générale de Banque (Cogebanque), ditandatangani Presiden Attijariwafa Bank Mohamed El Kettani dan Perwakilan Cogebanque shareholders Philbert Afrika dan Égide Gatera.

19. MOU untuk mempromosikan investasi keamanan dan nilai tukar  mata uang oleh Attijariwafa-Bank, ditandatangani Mohamed El Kettani dan Philbert Afrika. SMC

Foto Lainnya

Maroko dan Nigeria Resmikan Proyek Pupuk Gazoduc

Sebelumnya

Akhirnya Maroko dan Kuba Sepakat Menjadi Sahabat

Berikutnya

Artikel