China Sambut Kunjungan Muhammad VI dengan Antusias

KOMENTAR
post image
MASYARAKAT China sambut rencana kedatangan Raja Muhammad VI ke negeri panda. Muhammad VI dijadwalkan tiba di Beijing pada hari Rabu (11/5).

Kantor berita Xinhua menuruntkan artikel khusus mengenai Raja Muhammad VI dalam edisi hari ini. Disebutkan, bahwa Muhammad VI mendatangi China atas undangan Presiden Xi Jinping.

Raja Muhammad VI lahir pada 21 Agustus 1963 di Rabat, merupakan anak kedua dan anak laki-laki tertua almarhum Raja Hassan II. Muhammad VI ditunjuk sebagai putra mahkota pada tahun 1979.

Gelar sarjana ilmu politik diperolehnya pada tahun 1987 dan berikutnya di tahun 1988 menggondol geral sarjana hukum. Keduanya diperoleh dari Universitas Muhammad V.  Pada tahun 1993, Muhammad mendapatkan gelar PhD dari University of Nice-Antipolis di Prancis.

Antara tahun 1985 hingga 1994, Raja Muhammad VI bertigas sebagai Kordinator Kantor dan Penugasan Tentara Kerajaan. Di tahun 1994 dia naik pangkat menjadi Mayor Jenderal. Pada tanggal 23 Juli 1999, Muhammad VI resmi menjadi raja ke-22 Kerajaan Maroko.

Xinhua juga mencatat Muhammad VI sebagai raja yang suka membaca, berenang dan naik perahu. Selain itu, Muhammad VI juga fasih berbicara dalam bahasa Arab, Prancis, Inggris dan Spanyol.

Di tahun 2002 dia menikahi putri Lalla Salma. Anak pertama mereka, Putra Mahkota Pangeran Moulay El Hassan lahir setahun kemudian.

Kunjungan ke Beijing bukan merupakan kunjungan pertamanya.

Di tahun 1991, dia pernah mengunjungi China sebagai Putra Mahkota. Di tahun 2002, Muhammad VI menjadi raja pertama Maroko yang mengunjungi China setelah hubungan diplomatik kedua negara pada tahun 1958.

Di tahun 2008, dirinya kembali berkunjung ke China, kali ini merupakan kunjungan pribadi. Di tahun 2015, Muhammad VI melakukan kunjungan pribadi ke Hong Kong. SMC

Foto Lainnya