Senin, 13 Oktober 2014 , 07:27:00 WIB

Sumatera Barat dan Fes-Boulmane Kini Sister Province

PROVINSI Sumatera Barat, Indonesia, resmi menjalin kerjasama dengan Provinsi Fes-Boulmane, Maroko. MoU kerjasama sister province itu ditandatangani Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Dewan Daerah Fes Boulmane, Lahsen Rafie di Padang, hari Sabtu (10/10).

Selain Rafie, rombongan lain yang mengunjungi Sumatera Barat adalah Dewan Dagang Indonesia-Maroko.

Kunjungan kedua delegasi ini menandakan hubungan yang semakin erat antara kedua negara.

Lahsen Rafie mengatakan, potensi kerjasama kedua negara, khususnya Fes-Boulmane dengan Sumatera Barat, terbuka sangat lebar.

Sumbar memiliki potensi pariwisata yang mengagumkan seperti wisata kelautan dengan pulau-pulaunya, gunung-gunung dan danau yang memukau. Ini akan mendapatkan apresiasi dari warga Maroko, ujar Rafie di Padang, Minggu (11/10) seperti dikutip dari Antara.

Rafie mengundang wisatawan dari Sumbar untuk berkunjung ke Maroko yang memiliki topopgrafi khas dan memukau.

Selain pariwisata, dua daerah juga akan menjajaki kerja sama di bidang pendidikan dan perdagangan.

Kerja sama tersebut dimungkinkan setelah Sumbar sepakat menjalin hubungan sebagai kota kembar dengan Provinsi Fes-Boulmane, Maroko.

Rafie mengatakan hubungan antara Indonesia dan Maroko sebenarnya telah lama terjalin sejak Presiden RI pertama, yang di Maroko dikenal dengan nama Ahmad Soekarno, berkunjung pada tahun 1960.

Dia mengharapkan pengukuhan hubungan dua daerah bisa lebih mempererat kerja sama di berbagai bidang.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam kesempatan tersebut mengatakan Sumbar memiliki potensi yang cukup besar untuk bisa dikembangkan baik di bidang ekonomi, pendidikan dan pariwisata.

"Maroko juga memiliki potensi yang cukup besar hingga kerja sama antara dua daerah diharapkan bisa saling memguntungkan," katanya. smc


Comments